Nigeria Tangkap Komandan Boko Haram

Senin, 31 Agustus 2015 - 18:48 WIB
Nigeria Tangkap Komandan Boko Haram
Nigeria Tangkap Komandan Boko Haram
A A A
ABUJA - Polisi rahasia Nigeria berhasil menangkap salah seorang komandan kelompok Boko Haram yang diduga menjadi otak bagi serangkaian aksi bom bunuh diri di negera tersebut.

Departemen Keamanan Negara (DSS) dalam pernyataannya mengatakan, mereka berhasil menangkap Usman Shuiabu, atau yang biasa dikenal dengan nama Money, bersama sejumlah anggota Boko Haram lainnya di Lagos, Kano, Plateau, Enugu, dan Gombe dalam sebuah operasi yang dilakukan pada Juli dan Agustus.

"Berdasarkan catatan penangkapan tertanggal 8 Juli 2015 di wilayah Gombe, mereka adalah pihak yang bertanggung jawab atas serangan bunuh diri di Potiskum, Kano, Zaria dan Jos. Merekalah yang mengkoordinasi aksi tersebut," begitu bunyi pernyataan tersebut seperti dilansir AFP, Senin (31/8/2015).

"Shuaibu mengaku menjadi pemimpin tim yang beranggotakan sembilan orang dan dikirim ke hutan Sambisa untuk melakukan serangan. Dia mengungkapkan bahwa empat dari sembilan anggotanya adalah pelaku bom bunuh diri tersebut," jelasnya.

Penangkapan salah seorang komandan dan sejumlah anggota Boko Haram ini merupakan hasil penyelidikan terhadap serentetan aksi pemboman yang dilakukan oleh kelompok ekstrimis itu. DSS mengatakan, hasil operasi intelijen menyatakan mereka juga berencana melakukan serangan di Lagos.

"Masuknya anggota kelompok Boko Haram ke Lagos menunjukkan betapa mereka berusaha untuk terus melakukan aksi teroris di negara tersebut, dan juga dibagian lain negara ini," bunyi pernyataan itu.

"Penangkapan terhadap para pelaku bagaimanapun membantu dalam mencegah serangan terorisme."

DSS mengatakan akan terus bekerjasama dengan para pemangku kepentingan lain dalam memerangi kelompok yang berafiliasi dengan ISIS ini. Pasalnya, kelompok ini telah menyebabkan 15.000 orang tewas dan 1,5 juta orang mengungsi sejak tahun 2009.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3214 seconds (0.1#10.140)