Rusia dan Mesir Berkoalisi dengan Suriah Ganyang ISIS

Kamis, 27 Agustus 2015 - 14:00 WIB
Rusia dan Mesir Berkoalisi dengan Suriah Ganyang ISIS
Rusia dan Mesir Berkoalisi dengan Suriah Ganyang ISIS
A A A
MOSKOW - Rusia dan Mesir sepakat mendukung teciptanya koalisi anti-teroris yang menggandeng Suriah untuk mengganyang atau memerangi ISIS. Demikian disampaikan Presiden Rusia, Vladimir Putin saat konferensi pers bersama Presiden Mesir, Abdel Fattah el-Sisi.

”Kami menggarisbawahi pentingnya pembentukan front anti-teroris yang luas yang melibatkan pemain utama internasional dan negara-negara regional, termasuk Suriah,” kata Putin, Rabu kemarin, sebagaimana dikutip Russia Today.

”Kami memiliki pandangan umum tentang perlunya untuk mengintensifkan perang melawan terorisme internasional yang relevan, mengingat ambisi agresif struktur radikal, terutama yang menyebut diri sebagai Negara Islam (IS),” lanjut Putin mengacu pada kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

”Setiap kali kita bertemu, rakyat Mesir berharap untuk melihat perbaikan dalam kerjasama antara kami dan Rusia di berbagai bidang, termasuk ekonomi. Tetapi juga dalam melawan teror di suatu daerah yang menderita akibat aksi terorisme,” imbuh Sisi.

”Ini memiliki dampak pada stabilitas dan keamanan pada kawasan kita. Bukan hanya di beberapa negara, tetapi di seluruh wilayah dan mungkin seluruh dunia,” sambung Sisi.

Selama kunjungan Sisi ke Moskow, sejumlah kepala negara juga sedang membahas berbagai isu, termasuk situasi di Timur Tengah dan Afrika Utara, serta soal kerja sama ekonomi.

Pada pertemuan ketiga mereka tahun ini, Putin menegaskan kembali komitmen Rusia untuk memasukkan Mesir dalam Eurasia Economic Union (EAEU) sebuah zona perdagangan bebas yang dipimpin Rusia.

Kedua pemimpin ini juga mengulangi komitmennya untuk mengecualikan mata uang dolar Amerika Serikat dan menggunakan mata uang nasional mereka sendiri untuk menyelesaikan rekening dalam perdagangan bilateral.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7419 seconds (0.1#10.140)