Resmi, Kedubes Inggris di Teheran Kembali Dibuka

Minggu, 23 Agustus 2015 - 17:44 WIB
Resmi, Kedubes Inggris di Teheran Kembali Dibuka
Resmi, Kedubes Inggris di Teheran Kembali Dibuka
A A A
TEHERAN - Menteri Luar Negeri Inggris, Philip Hammond, membuka kembali Kedutaan Besar Inggris di Teheran, Iran, setelah hampir empat tahun ditutup akibat serangan yang dilakukan oleh kelompok garis keras Iran.

Kehadiran Hammond di Iran menandai pertama kalinya seorang Menteri Luar Negeri Inggris mengunjungi Teheran sejak tahun 2003. Hammond mengikuti upacara di Teheran bersama sejumlah diplomat Iran untuk menandai dibukanya kembali Kedubes Inggris. Di saat bersamaan, Iran juga telah membuka Kedutaannya di London.

"Kunjungan pertama Menteri Inggris sejak tahun 2003. Sangat bersejarah dalam hubungan Inggris-Iran," tweet Hammond di Twitter seperti dilansir BBC, Minggu (23/8/2015).

Sementara dalam sambutannya, Hammond mengatakan, tidak ada batas antara Inggris dan Iran yang tidak bisa dicapai bersama, meski tidak selalu berpandangan sama. Pernyataan Hammond ini pun diamini oleh sejumlah diplomat yang hadir.

Kunjungan Hammond ini terjadi hanya beberapa minggu pasca penandatanganan perjanjian nuklir internasional di Wina, Austria, beberapa waktu lalu. Menurut Hammond, perjanjian nuklir internasional dan terpilihnya Hassan Rouhani sebagai presiden pada Juni 2013 adalah tonggak terwujudnya hubungan baik diantara kedua negara.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5628 seconds (0.1#10.140)