IAEA Ingatkan Iran Soal Izin Akses ke Parchin

Kamis, 20 Agustus 2015 - 19:17 WIB
IAEA Ingatkan Iran Soal Izin Akses ke Parchin
IAEA Ingatkan Iran Soal Izin Akses ke Parchin
A A A
VIENNA - Badan Energi Atom Internasional (IAEA) mengingatkan Iran untuk memberikan akses masuk ke situs militer Parchin. IAEA menyatakan, pemberian izin masuk ke situs militer yang diduga digunakan untuk melakukan percobaan bom atom itu adalah bagian dari isi perjanjian nuklir internasional.

Dikutip dari Reuters, Kamis (20/8/2015), IAEA menyatakan, jika Iran memberikan akses kepada mereka untuk menyambangi Parchin maka IAEA akan mengeluarkan rekomendasi jika Negeri Mullah itu telah memenuhi persyaratan perjanjian nuklir internasional yang ditandatangani pada 14 Juli lalu itu. Rekomendasi ini dibutuhkan oleh Iran agar sanksi yang dijatuhkan kepada mereka dicabut.

Berdasarkan rencana kerja yang telah disepakati oleh Iran dengan badan pengawas nukli PBB, disamping kesepakatan politik, Iran diharuskan memberikan akses seluas-luasnya kepada IAEA untuk mendapatkan informasi yang cukup terkait proyek pengayaan nuklir di masa lalu. Pemberian akses ini diperlukan IAEA untuk membuat laporan terkait hal ini pada akhir tahun nanti.

Situs Parchin berada di pinggiran selatan Teheran dan telah menjadi perhatian utama dari IAEA sejak November 2011. Iran sendiri sebelumnya menolak untuk memberikan akses ke Parchin yang memungkinkan inspektur PBB untuk melihat ke dalam situs militer yang mungkin digunakan untuk kegiatan nuklir oleh Iran di masa lalu.

Iran diduga telah melakukan pembersihan untuk menghilangkan bukti aktifitas nuklir di situs itu. Institut Sains dan Keamanan Internasional Amerika Serikat, yang juga lembaga think tank negeri Paman Sam itu, mengatakan citra satelit menunjukkan kendaraan dan kontainer telah dipindahkan dari Parchin. Namun hal ini dibantah oleh Iran menyatakan bahwa laporan itu adalah fitnah untuk menggagalkan kesepakatan nuklir internasional.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9639 seconds (0.1#10.140)
pixels