ISIS Klaim Penggal Sandera Asal Kroasia

Kamis, 13 Agustus 2015 - 11:16 WIB
ISIS Klaim Penggal Sandera Asal Kroasia
ISIS Klaim Penggal Sandera Asal Kroasia
A A A
ZAGREB - Kelompok ISIS mengklaim sudah memengal sandera asal Kroasia, Tomislav Salopek. Situs pemantau terorisme SITE, juga telah merilis video, di mana warga Kroasia iu telah dieksekusi.

Salopek yang merupakan karyawan perusahaan Geoscience CGG diculik pada 22 Juli.”Salopek tewas karena negaranya berpartisipasi dalam perang melawan ISIS,” bunyi keterangan dalam video yang disebar kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Beberapa media Mesir juga melansir foto eksekusi ISIS terhadap warga Kroasia. Kroasia selama in memberikan dukungan pada Mesir untuk memerangi terorisme dan ekstremisme.

Sejumlah akun Twitter yang terkait dengan ISIS juga mem-posting sebuah video yang menunjukkan warga Kroasia berusia 30 tahun mengenakan jumpsuit kuning dan berlutut di samping seorang militan bertopeng.

Dalam video itu, militan bertopeng itu membuat ancaman bahwa Salopek akan dieksekusi jika Pemerintah Mesir tidak melepaskan para perempuan Muslim yang ditahan di penjara Mesir. Hal itu mengacu pada para perempuan pro-Mohammed Morsi, Presiden Mesir yang digulingkan pada 2013 silam.

Kementerian Luar Negeri Kroasia sebelumnya menyatakan upaya Pemerintah Kroasia untuk menyelamatkan Salopek.”Akan menggunakan semua mekanisme yang kita miliki untuk membebaskan sandera,” bunyi pernyataan kementerian itu.

Sementara itu, lembaha Al-Azhar di Kairo, mengutuk pembunuhan yang dilakukan oleh ISIS.”Tindakan setan terhadap semua (pemeluk) agama dan tradisi manusia yang tidak bersalah,” kata pihak Al-Azhar, seperti dikutip IB Times, Kamis (13/8/2015).
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7926 seconds (0.1#10.140)
pixels