Perangi ISIS, Amerika Serikat Kirim Jet F-16

Minggu, 09 Agustus 2015 - 23:39 WIB
Perangi ISIS, Amerika Serikat Kirim Jet F-16
Perangi ISIS, Amerika Serikat Kirim Jet F-16
A A A
ANKARA - Amerika Serikat dikabarkan telah mengirimkan enam pesawat tempur jenis F-16 ke sebuah pangkalan udara sebelah selatan Turki. Enam pesawat ini dikirim untuk bergabung dengan pasukan koalisi guna memerangi kelompok teror Negara Islam Suriah Irak, ISIS.

Dikutip dari Associated Press, Minggu (9/8/2015), lewat jejaring sosial twitter, AS yang memimpin NATO menyatakan telah mengerahkan F-16 menuju pangkalan udara Incirlik tanpa memberikan penjelasan lebih lanjut.

Sementera itu, kantor berita swasta di Turki, Dogan melaporkan bahwa sekitar 300 pilot dari kesatuan 31 Fighter Wing juga sudah mendarat di pangkalan udara pada Minggu.

Sebelumnya, Amerika Serikat berencana mengirimkan 450 tentara ke Kuwait guna memerangi kelompok Negara Islam Irak Suriah (ISIS). Mereka akan bergabung dengan pasukan multinasional yang telah memerangi ISIS sejak musim panas lalu.

Amerika Serikat juga telah melakukan serangan terhadap sejumlah basis milik ISIS. Serangan tersebut dilakukan oleh pesawat tanpa awak yang diterbangkan dari sebuah pangkalan udara milik Turki.

Turki sendiri telah memberikan izin kepada Amerika Serikat untuk menggunakan pangkalan militernya yang mempunyai tempat strategis untuk menyerang basis-basis pertahanan ISIS. Namun hingga berita ini diturukan belum ada pernyataan resmi dari pihak militer Turki.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3550 seconds (0.1#10.140)