PM Irak Akan Hapus Posisi Wakil PM dan Wakil Presiden

Minggu, 09 Agustus 2015 - 15:44 WIB
PM Irak Akan Hapus Posisi Wakil PM dan Wakil Presiden
PM Irak Akan Hapus Posisi Wakil PM dan Wakil Presiden
A A A
BAGHDAD - Perdana Menteri (PM) Irak Haider el-Abadi mengambil langkah yang mengejutkan. Dirinya dikabarkan akan menghapus dua jabatan penting dan memiliki posisi sangat tinggi dalam pemerintahan Irak.

Abadi disebut-sebut akan menghapus posisi wakil PM dan wakil Presiden dalam hierarki pemerintah Irak. Menurut Abadi, hal ini dilakukan guna meningkatkan keuangan negara dan mengurangi korupsi.

Keputusan tersebut, seperti dilanasir Channel News Asia pada Minggu (9/8/2015), muncul dalam sebuah pernyataan yang dirilis situs kepresiden Irak. Namun, langkah Abadi tersebut diprediksi akan menemui sejumlah kendala.

Untuk bisa menghapus dua posisi tersebut, Abadi membutuhkan persetujuan dari Dewan Menteri dan Parlemen Irak. Belum diketahui kapan Dewan Menteri dan Parlemen Irak akan membahas inisiatif yang dikeluarkan Abadi tersebut.

Struktur pemerintahan Irak saat ini memang bisa dibilang sangat gemuk, karena memiliki tiga wakil Presiden dan juga tiga wakil PM. Di tengah kondisi Irak yang masih dilanda konflik, penghematan melalui jalur pengurangan jumlah pejabat menjadi salah satu solusi yang coba diambil Abadi.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5440 seconds (0.1#10.140)