Iran Sangkal Bersih-bersih Situs Nuklir Jelang Inspeksi

Jum'at, 07 Agustus 2015 - 11:23 WIB
Iran Sangkal Bersih-bersih...
Iran Sangkal Bersih-bersih Situs Nuklir Jelang Inspeksi
A A A
TEHERAN - Iran menyangkal tuduhan mulai bersih-bersih di situs nuklir militer Parchin menjelang inspeksi sesuai kesepakatan nuklir antara Iran dan enam negara kekuatan dunia (P5+1). Iran menyebut tuduhan itu tidak masuk akal.

Tuduhan itu muncul dalam laporan sejumlah media Barat yang mengutip anggota Kongres Amerika Serikat. Laporan itu menyebut Iran sedang menjalankan pekerjaan “bersih-bersih” di situs nuklir Parchin untuk menyulitkan inspeksi dari badan pengawas nuklir PBB, IAEA.

Pihak Duta Iran untuk PBB, dalam pernyataan mengatakan bahwa ada pekerjaan konstruksi secara luas yang sedang berlangsung. Pekerjaan itu berupa perbaikan jalan di dekat kompleks situs nuklir Parchin. Namun, pekerjaan itu bukan untuk menutup-nutupi aktivitas nuklir di situs Parchin.

”Klaim ini tidak masuk akal dan pengulangan klaim yang tidak berdasar yang muncul kembali dari waktu ke waktu dan telah dibantah setiap kalinya,” bunyi pernyataan Duta Iran untuk PBB, seperti dikutip Reuters, Jumat (7/8/2015).

Iran berpendapat bahwa kompleks militer Parchin mencakup daerah yang sangat luas. ”Dan itu cukup normal untuk melakukan pekerjaan konstruksi yang berlangsung setiap saat,” lanjut bantahan Iran.

Menurut Iran, selama seminggu terakhir, jalan di dekat Mamloo Dam, di dekat situs Parchin diperlukan perbaikan dengan menggunakan buldoser dan mesin konstruksi berat lainnya.

”Kami menyesal bahwa kampanye setan yang luas, menggunakan puluhan juta dolar, untuk meracuni lingkungan positif di tingkat global,” imbuh pernyataan itu.

Direktur Badan Energi Atom Internasional, Yukiya Amano, telah bertemu anggota parlemen AS yang sangat skeptis terhadap kesepakatan nuklir Iran. Kesepakatan itu mewajibkan Iran mengekang aktivitas nuklirnya dengan imbalan pencabutan sanksi terhadap Teheran secara bertahap.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1229 seconds (0.1#10.140)