Rusia: Jepang Picu Ketegangan Jika Larang Medvedev ke Kuril

Jum'at, 24 Juli 2015 - 22:38 WIB
Rusia: Jepang Picu Ketegangan Jika Larang Medvedev ke Kuril
Rusia: Jepang Picu Ketegangan Jika Larang Medvedev ke Kuril
A A A
MOSKOW - - Rusia menyanyangkan sikap Jepang yang melarang Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev untuk melakukan kunjungan ke kepulauan Kuril. Menurut Negeri Beruang Merah itu, sikap Jepang tersebut bisa memicu ketegangan yang tidak perlu.

"Kami tidak akan mempermasalahkan sikap Tokyo dan tidak punya niat untuk melakukan itu di masa depan. Kami juga menyarankan pihak Jepang tidak mengungkapkan kekhawatiran yang bisa memicu ketegangan yang tidak perlu dalam hubungan bilateral kita di masa depan," kata seorang sumber diplomatik Rusia dalam kondisi anonim.

Melansir Itar-tass pada Jumat (24/7/2015), dirinya juga mengatakan, sejauh ini pemerintah Rusia belum mendapatkan permintaan resmi dari pemerintah Jepang soal pembatalan kunjungan Medvedev ke kepulauan yang sempat disengketakan kedua negara itu.

"Kami ingin menegaskan, belum ada nota protes resmi mengenai hal ini dari pemerintah Jepang. Yang ada hanya pernyataan informal dari seorang staf di Kedutaan Besar Jepang di Moskow, yang mengaku mendapat telepon dari sekertaris Kementerian Luar Negeri mereka soal ini," sambungnya.

Sejatinya permintaan kepada Medvedev untuk membatalkan perjalanan ke kepulayan Kuril disampaikan langsung oleh Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Kishida. Permintaan Kishida ini muncul setelah Medvedev mengatakan akan berkunjung ke Kuril, sebagai bagian dari upaya Rusia untuk menghidupkan kembali pangkalan militer di wilayah tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5527 seconds (0.1#10.140)