Kepala Pentagon Mendadak Kunjungi Baghdad

Kamis, 23 Juli 2015 - 16:58 WIB
Kepala Pentagon Mendadak Kunjungi Baghdad
Kepala Pentagon Mendadak Kunjungi Baghdad
A A A
BAGHDAD - Kepala Pentagon atau Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Ashton Carter, mendadak berkunjung ke Baghdad, Irak, pada Kamis (23/7/2015). Kunjugan tiba-tiba dari Carter itu ditengah kampanye melawan ISIS yang telah mencoba merebut kembali wilayah Anbar.

Carter sebelumnya melakukan kunjungan pertamanya di Irak pada Februari 2015 lalu. Saat itu dia menemui para pemimpin politik Irak, termasuk Perdana Menteri Haider al-Abadi.

AS sedang gencar melakukan serangan udara terhadap basis-basis kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) setelah kelompok itu mencoba merebut kembali Ibu Kota Provinsi Anbar, Ramadi, dari pasukan Irak.

Carter mengatakan bahwa ia berusaha melakukan penilaian sendiri dari hasil serangan terhadap ISIS di Irak. ”Saya akan melakukan penilaian terhadap saya sendiri dengan komandan militer kami,” katanya kepada wartawan menjelang perjalanannya ke Baghdad, seperti dikutip Reuters.

Irak sempat kehilangan Ramadi ketika ISIS melakukan serangan pada musim panas lalu. Jatuhnya Ramadi ke tangan ISIS saat itu memicu pertanyaan terhadap kemampuan pemerintah Perdana Menteri Abadi dalam mengatasi militan ISIS.

Abadi juga dipertanyakan soal kemampuannya dalam mengatasi konflik sektarian di Irak yang sampai saat ini masih marak terjadi. Beberapa hari lalu, bom mobil mengguncang wilayah tak jauh dari Baghdad yang menewaskan ratusan orang. ISIS mengklaim sebagai pelaku pemboman itu dengan target warga kaum Syiah.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4993 seconds (0.1#10.140)