Menkeu Yunani Mundur usai Referendum Bailout Bersejarah

Senin, 06 Juli 2015 - 14:55 WIB
Menkeu Yunani Mundur...
Menkeu Yunani Mundur usai Referendum Bailout Bersejarah
A A A
ATHENA - Menteri Keuangan (Menkeu) Yunani, Yanis Varoufakis, mengumumkan pengunduran dirinya pada Senin (6/7/2015). Dia mundur sehari setelah 61 persen rakyat Yunani menolak bailout IMF dalam referendum bersejarah hari Minggu.

Dalam sebuah pernyataan, Varoufakis mengungkapkan alasan pengunduran dirinya. Menurutnya, dia merasa dikucilkan setelah bahwa beberapa negara anggota zona Eropa tidak menginginkan kehadirannya dalam peretemuan para menteri keuangan.

Perdana Menteri Yunani, Alexis Tsipras, telah komitmen berunding dengan para anggota zona Eropa setelah rakyat Yunani menolak kebijakan bailout IMF sebagai solusi krisis ekonomi Yunani yang kian parah.

Tapi, respons sejumlah negara zona Eropa berbeda. Ada tekanan agar Yunani keluar dari zona Eropa setelah krisis Yunani membuat mata uang Euro jatuh. (Baca juga: Tolak Bailout, Rakyat Yunani Rayakan Referendum Bersejarah)

“Ide perdana menteri dinilai tidak berpotensi membantunya dalam mencapai kesepakatan,” kata Varoufakis. ”Untuk alasan inilah, saya meninggalkan Departemen Keuangan hari ini,” katanya lagi, seperti dikutip Reuters, Senin (6/7/2015).

Dalam referendum kemarin, mayoritas warga Yunani menolak bailout atau dan talangan setelah Yunani gagal membayar utang luar negerinya. Sosok Menkeu Yunani ini dikenal cukup kontroversial. Dia telah bersuara keras terhadap para kreditur atau penalang utang Yuanani yang dia sebut sebagai “teroris”.

”Saya menganggap itu tugas saya untuk membantu (PM) Alexis Tsipras untuk mengeksploitasi (kemampuan saya), karena ia melihat ada kecocokan. Termasuk bahwa orang-orang Yunani telah memberikan suaranya dalam referendum kemarin. Dan saya akan dengan bangga menggunakan (kalimat) kebencian pada kreditur,” tulis Varoufakis dalam sebuah blog, sebelum dia mengumumkan pengunduran dirinya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1096 seconds (0.1#10.140)