ISIS Hancurkan 6 Patung Kuno Palmyra dengan Palu Godam

loading...
ISIS Hancurkan 6 Patung Kuno Palmyra dengan Palu Godam
ISIS Hancurkan 6 Patung Kuno Palmyra dengan Palu Godam
PALMYRA - Kelompok ISIS telah menghancurkan enam patung kuno di Kota Palmyra, Suriah, dengan palu godam. Aksi ISIS itu berselang sebulan setelah mereka mengejek negara-negara Barat dengan menampilkan video tentang situs kuno Palmyra yang masih utuh.

Kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) memamerkan aksi perusakan enam patung kuno bernilai seni tinggi itu dalam bentuk sejumlah foto. Salah satu foto yang disebarkan diberi keterangan yang oleh ISIS diklaim sebagai hadits Nabi Muhammad.

“Jangan meninggalkan patung tanpa melenyapkan itu atau kuburan tinggi tanpa meratakannya,” bunyi keterangan foto tersebut.

Hancurnya enam patung kuno di Palmyra itu bukan satu-satunya barang antik yang dihancurkan ISIS. Pihak berwenang Suriah telah melaporkan bahwa patung singa bernama Al-Lat juga telah dihancurkan. Menteri Barang Antik Suriah, Maamoun Abdelkarim, mengutuk aksi brutal ISIS tersebut.





“Ini adalah kejahatan paling serius yang mereka lakukan terhadap warisan Palmyra,” kata Abdelkarim, sebagaimana dilansir Daily Mirror, Jumat (3/7/2015). Situs kuno Palmyra di Suriah semakin terancam keberadaannya setelah ISIS merebut kota itu pada bulan Mei 2015.

Situs kuno itu telah ditetapkan Unesco sebagai salah satu warisan dunia. Nasib situs kuno Palmyra, dikhawatirkan akan seperti situs kuno Nimrud dan Hatra di Irak yang telah dihancurkan ISIS. Kelompok radikal itu selama ini selain merusak situs kuno juga menjarahnya untuk dijual di pasar gelap. Hasil penjualan benda antik jarahan itu menjadi salah satu sumber dana terbesar ISIS.
(mas)
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top