Indonesia dan Vietnam Bahas Konflik Laut China Selatan

Jum'at, 26 Juni 2015 - 23:19 WIB
Indonesia dan Vietnam Bahas Konflik Laut China Selatan
Indonesia dan Vietnam Bahas Konflik Laut China Selatan
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Vietnam Pham Binh Minh, dalam pertemuan dengan Menlu Indonesia Retno Marsudi turut membawa isu mengenai konflik di Laut China Selatan. Dalam pernyataan bersama dengan Retno, Binh Minh mengatakan diperlukan sebuah langkah kongkrit untuk menjaga stabilitas dan keamanan maritim di wilayah tersebut.

“Kami melihat adanya keadaan yang mendesak bila melihat perkembangan terbaru di Laut China Selatan. Dan, kami juga melihat diperlukannya langkah terpadu untuk menjaga stabilitas, kedamaian, dan keamanan maritim, dan kebebasan untuk melakukan navigasi di Laut China Selatan,” kata Binh Minh pada Kamis (25/6/2015).

Selain itu, dirinya juga mendesak kepada semua pihak yang terlibat dalam konflik di Laut China Selatan untuk mematuhi Code of Conduct (CoC), yang merupakan dasar bagi penyelesaikan konflik di wilayah sengketa tersebut.

“Penting bagi semua pihak untuk tetap mematuhi, menghormati, dan menjaga sikap sesuai dengan CoC di Laut China Selatan,” sambung pejabat yang merangkap sebagai Wakil Perdana Menteri Vietnam itu juga.

Vietnam sendiri adalah salah satu negara Asia Tenggara yang turut mengklaim memiliki hak atas kawasan Laut China Selatan. Selain Vietnam, Malaysia, Brunei Darusalam, dua negara ASEAN lainnya, yakni Filipina dan Singapura adalah negara Asia Tenggara yang berkonfliik dengan China karena memperbutkan wilayah tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5252 seconds (0.1#10.140)