Dramatis, Jet-jet Tempur Inggris Cegat 9 Pesawat Rusia

Jum'at, 19 Juni 2015 - 15:41 WIB
Dramatis, Jet-jet Tempur Inggris Cegat 9 Pesawat Rusia
Dramatis, Jet-jet Tempur Inggris Cegat 9 Pesawat Rusia
A A A
LONDON - Foto aksi dramatis pesawat-pesawat jet tempur Typhoon Inggris saat mencegat sembilan pesawat tempur Rusia beredar. Aksi pencegatan di kawasan Baltik, dekat Estonia itu terjadi empat kali dalam 36 jam terakhir.

Sembilan pesawat Rusia dicegat ketika hendak menuju ke lokasi latihan perang NATO di kawasan Baltik. Pesawat-pesawat Rusia itu di antaranya, pesawat tempur MiG, pesawat mata-mata dan pesawat pembom.

Manuver sembilan pesawat Rusia itu berseleng dalam hitungan jam. Inggris menilai tindakan Rusia itu sebagai provokasi terbesar sejak Perang Dingin. Misi sembilan pesawat Rusia itu diduga untuk “mengintip” latihan perang besar-besaran yang digelar NATO. (Baca juga: Memanas, Pesawat Inggris 3 Kali Cegat Jet Tempur Rusia)

Seorang sumber senior di Angkatan Udara Inggris, semalam mengkonfirmasi tindakan pesawat-pesawat jet tempur Inggris itu kepada Daily Mail. ”Kami tidak pernah punya waktu seperti ini selama hidup,” katanya, yang dilansir Jumat (19/6/2015).

Seorang pilot pesawat jet tempur Typhoon mengatakan, baru pertama kali melihat Rusia mengerahkan pesawat tempur Foxhound. Itu adalah pesawat tempur yang paling tangguh di kelasnya yang mampu menembakkan rudal jarak jauh hingga 100 mil. (Baca juga: Lawan Rusia, NATO Kerahkan Kekuatan Terbesar sejak Perang Dingin)

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Inggris, Michael Fallon mengunjungi pangkalan udara Inggris setelah aksi-aksi dramatis pesawat-pesawat jet tempur Inggris. Dalam latihan perang bersama belasan sekutu NATO lainnya, Inggris juga mengirim kapal perang HMS Ocean.

”Inggris akan berdiri tegak, bahu-membahu dengan anggota sekutu (NATO) lainnya untuk mempertahankan perbatasan Eropa Timur,” kata Fallon.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4697 seconds (0.1#10.140)