Sulit Selesaikan Konflik di Laut China Selatan

Sabtu, 13 Juni 2015 - 19:50 WIB
Sulit Selesaikan Konflik di Laut China Selatan
Sulit Selesaikan Konflik di Laut China Selatan
A A A
JAKARTA - Konflik yang terjadi di Laut China Selatan, menurut salah seorang peneliti di Habibie Center, sangat sulit untuk bisa diselesaikan. Salah satu cara terbaik adalah menjaga konflik di wilayah tersebut agar tidak meluas ke mana-mana.

“Konflik di Laut China Selatan cukup sulit untuk bisa diselesaikan, karena sudah terlalu kompleks dan luas,” ujar Dewi Fortuna Anwar dalam pemaparannya di Confrence On Indonesian Foreign Policy di Jakarta pada Sabtu (13/6/2015).

"Yang harus dilakukan saat ini adalah bagaimana cara memanage konflik di wilayah tersebut. Manajemen konflik dilakukan agar hal tersebut tidak meluas,” sambungnya.

Perseteruan di Laut China Selatan, menurut salah satu diplomat senior Indonesia, Hasyim Djalal, memang sudah berlangsung sangat lama. Konflik di wilayah sengketa itu sudah terjadi sejak akhir tahun 1980-an, dan terus bergulir hingga saat ini.

Konflik di Laut China Selatan sendiri terus memanas dalam beberapa pekan terakhir. Situasi di wilayah sengketa tersebut semakin memanas paska masuknya Amerika Serikat (AS) dalam pusaran konflik, dan semakin agresifnya negara-negara yang terlibat dalam konflik di sana.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4142 seconds (0.1#10.140)