Gambia Siap Tampung Pengungsi Rohingnya

Selasa, 09 Juni 2015 - 23:04 WIB
Gambia Siap Tampung Pengungsi Rohingnya
Gambia Siap Tampung Pengungsi Rohingnya
A A A
JAKARTA - Gambia dikabarkan telah mengajukan diri sebagai negara yang akan menampung para pengungsi Rohingnya dan Bangladesh. Hal tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi pada Selasa (9/6/2015).

"Saya sudah bicara dengan Menlu Gambia. Prinsipnya mereka siap," kata Retno paska melakukan pertemuan dengan Komisi I DPR. Namun, Retno mengatakan, jadi atau tidaknya para pengungsi tersebut direlokasi ke Gambia tergantung dari UNHCR.

"Tapi kan kesiapan mereka memerlukan suatu kesiapan infrastruktur, yang mana mereka saat ini belum siap. Jadi, ini semua akan tergantung dari proses verifikasi UNHCR. Jadi ini bukan tergantung pemerintah Indonesia. Mereka akan dikirim kemana, itu tergantung hasil verifikasi yang dilakukan oleh UNHCR. Apakah memang Gambia siap, apakah memang Gambia bisa menerima, dan sebagainya," sambung Retno.

Ketika ditanya apakah verifikasi yang dilakukan UNHCR itu sudah dilakukan, Retno mengaku sejak pertama kali pengungsi Rohingnya tiba di Indonesia dan Gambia mengatakan kesiapannya, UNHCR langsung melakukan verifikasi.

Namun, Retno belum mengetahui kapan proses verfikasi itu akan selesai. "Karena verifikasi bisa sangat cepat, tapi juga bisa membutuhkan waktu," pungkas mantan Duta Besar Indonesia untuk Belanda tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4972 seconds (0.1#10.140)