Iran Tak Diundang ke Dialog Konflik Yaman

Kamis, 21 Mei 2015 - 19:56 WIB
Iran Tak Diundang ke Dialog Konflik Yaman
Iran Tak Diundang ke Dialog Konflik Yaman
A A A
NEW YORK - Pewakilan tetap Arab Saudi untuk PBB, Abdullah al-Mualami memastikan, Iran tidak akan diundang dalam dialog mengenai konflik Yaman. Dialog yang diinisiasi PBB tersebut rencananya akan digelar di Jenewa, Swiss pada tanggal 28 Mei mendatang.

Seperti dilansir Al Arabiya pada Kamis (21/5/2015), Mualami mengatakan, tidak alasan bagi Suadi ataupun Yaman untuk mengundang Iran dalam pertemuan tersebut. Terlebih, menurut Mualami, Iran adalah pihak yang mendukung pemberontak Houthi di Yaman.

"Saya tidak melihat adanya alasan bagi kami untuk mengundang Iran, yang merupakan sponsor Houthi, untuk ikut terlibat dalam dialog mencari jalan keluar konflik di Yaman tersebut," ucap Mualami di New York.

Sementara itu, Mualaimi juga mengatakan, Saudi siap untuk kembali menggelar gencatan senjata kemanusiaan di Yaman. "Kami siap untuk kembali melakukan gencatan senjata, dengan semua pihak yang memang memiliki komitmen akan hal itu," ucapnya.

Gencatan senjata sebelumnya, yang berlangsung selama lima hari di Yaman, berakhir pada pekan lalu. Saudi menyebut, gencatan tersebut tidak diperpanujang karena Houthi tidak memiliki komitmen untuk melakukan gencatan senjata, dengan kerap melakukan pelanggaran-pelanggaran kecil.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3117 seconds (0.1#10.140)