Lusa, Sekjen PBB Sambangi Korut

Selasa, 19 Mei 2015 - 16:45 WIB
Lusa, Sekjen PBB Sambangi...
Lusa, Sekjen PBB Sambangi Korut
A A A
SEOUL - Sekertaris Jenderal PBB Ban Ki-moon dilaporkan akan melakukan kunjungan kerja di Korea Utara (Korut) pada Kamis (21/5/2015) mendatang. Ki-moon akan mengunjungi Kompleks Industri Kaesong di negara tetangga Korea Selatan (Korsel) tersebut.

Menurut kantor berita Korsel, Yonhap seperti dilansir Strait Times pada Selasa (19/5/2015), jika kunjungan ini terlaksana, maka Ki-moon akan menjadi Sekjen PBB pertama yang melakukan kunjungan ke komplek industri tersebut. Kompleks Industri Kaesong merupakan bentuk kerjasama duo Korea, yang dibangun tahun 2004 lalu.

Ki-moon, yang saat ini tengah menghadiri Forum Pendidikan Dunia di Songdo, sebelah barat Seoul mengatakan, kedatangannya ke Kaesong untuk memantau perkembangan komplek tersebut. Selain itu, dirinya juga berencana untuk melakukan pertemuan dengan pekerja asal Korut di sana.

Korut, sejauh ini belum mengeluarkan pernyataan apapun mengenai rencana kunjungan Ki-moon ke negara mereka. Belum diketahui juga apakah Korut akan memberikan izin bagi Ki-moon untuk masuk ke negara mereka, mengingat Korut adalah salah satu negara paling tertutup dan akses masuk ke sana bisa dibilang sangat sulit.

Kompleks Industri Kaesong sendiri terletak di dekat perbatasan duo Korea. Kompleks ini juga merupakan sumber utama pendapatan bagi masyarakat miskin yang berada di wilayah perbatasan Korut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0743 seconds (0.1#10.140)