Bila Morsi Dieksekusi, Timur Tengah Akan Didera Kekacauan

Senin, 18 Mei 2015 - 21:55 WIB
Bila Morsi Dieksekusi,...
Bila Morsi Dieksekusi, Timur Tengah Akan Didera Kekacauan
A A A
ANKARA - Pemerintah Turki meminta Mesir untuk mempertimbangkan kembali vonis mati yang dijatuhkan kepada Presiden terguling Mesir Mohamed Morsi. Turki memperingatkan akan dampak yang bisa ditimbulkan bisa Mesir tetap mengekusi Morsi.

"Timur Tengah akan dilanda kekacaukan jika Mesir tetap mengeksekusi Morsi dan para pemimpin Ikhwanul Muslim lainnya," kata Juru Bicara Kepresidenan Turki, Ibrahim Kalin dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Senin (18/5/2015).

Kalin mengatakan, pihaknya akan mengambil semua langkah yang dibutuhkan agar Mesir bersedia membatalkan vonis tersebut. Salah satu langkah tersebut, lanjut Kalin, adalah dengan melakukan kontak dengan badan HAM PBB, dan meminta mereka untuk turut mendesak Mesir.

Morsi dan ratusan anggota Ikhwanul Muslimin divonis hukuman mati pada akhir pekan lalu, setelah pengadilan Mesir memutus bahwa Morsi turut terlibat dalam kerusuhan massal di sebuah penjara Mesir pada tahun 2011.

Sementara itu, langkah yang diambil Turki ini sejatinya bisa dimaklumi. Presiden Turki Tayyip Erdogan dikenal sebagai pendukung Morsi, dan juga merupakan pendukung gerakan Ikhwanul Muslimin.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1154 seconds (0.1#10.140)