Abbott Bicara Soal Para Pencari Suaka

Minggu, 17 Mei 2015 - 16:58 WIB
Abbott Bicara Soal Para...
Abbott Bicara Soal Para Pencari Suaka
A A A
SYDNEY - Perdana Menteri Australia, Tony Abbott angkat bicara mengenai isu pencari suaka yang kembali mencuat dalam beberapa hari terakhir. Isu ini mencuat setelah Thailand dan Malaysia menolak masuk para pengungsi Rohingnya asal Myanmar dan Bangladesh.

Abbott, seperti dilansir Strait Times pada Minggu (17/5/2015), mengatakan, tidak akan mengkritisi apa yang sudah dilakukan oleh negara-negara tersebut. Dirinya menyebut, menghentikan perahu di. tengah laut dan mendorong mereka kembali ke negara asal, bisa menjadi satu cara agar para pengungsi itu tidak kembali ke wilayah Asia Tenggara untuk mencari suaka.

Dirinya enggan memberikan kritik, karena sejatinya Australia juga sempat melakukan hal tersebut. Beberapa waktu lalu, Negeri Kanguru itu memang sempat membuat heboh ketika memindahkan para pengungsi ke sebuah sekoci dan mendorong mereka kembali ke tengah laut.

Abbott juga mengatakan, setiap pemerintah memang kadang dituntut untuk terus bersikap manusiawi, tapi untuk menegakan sebuah hal, sikap tegas harus diambil. Termasuk dengan menolak masuk para pengungsi yang mencari suaka, dan mendorong mereka kembali ke lautan.

"Ya, kami memang harus bersikap manusiawi, dan kami juga harus bersikap layak.Tapi, pada akhirnya kita hatus menghentikan perahu-perahu tersebut. Saya tidak meminta maaf dengan cara apapun atas apa yang dilakukan Australia dengan memutar balik perahu tersebut, dimanapun mereka," ucapnya.

"Dan, jika negara-negara lain memilih untuk menggunakan cara yang sama, terus terang itu mungkin menjadi cara satu-satunya jika kita ingin mengalahkan momok yang disebut penyelundupan manusia," sambungnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0631 seconds (0.1#10.140)