Foto Bayi Merokok Gegerkan Netizen Spanyol

Rabu, 13 Mei 2015 - 10:43 WIB
Foto Bayi Merokok Gegerkan Netizen Spanyol
Foto Bayi Merokok Gegerkan Netizen Spanyol
A A A
VALENCIA - Ribuan pengguna internet (netizen) di Spanyol meluapkan kemarahan mereka terhadap pengunggah foto seorang bayi satu tahun sedang mengisap rokok. Foto itu diunggah di Instagram oleh pengguna media sosial berusia 18 tahun.

Para ahli di Spanyol menganggap tindakan itu sudah masuk kategori pelecehan anak. Dalam foto itu tampak, bibir bayi mengerucut menjepit sebatang rokok dengan bagian ujung rokok menyala. Hal itu menandakan rokok itu diisap si bayi.

Pengunggah foto itu memberikan keterangan yang memicu kemarahan ribuan netizen di Spanyol. “Sudah merokok di usia satu tahun, Anda f ****** saya hidup,” bunyi keterangan yang ditulis pengunggah foto bayi tersebut, sebagaimana dilansir Daily Mirror, semalam (12/5/2015).

Pengunggah foto itu diduga remaja asal Valencia. Sejak diunggah bulan Januari, foto itu mendapat “like” dari 2 ribu pengguna media sosial dan menuai 36 ribu komentar.

Berbagai komentar kecaman bermunculan. Salah satunya, pengguna akun Elvis_black_fire, yang menulis; Ini luar biasa bahwa begitu banyak orang yang mencoba untuk menghentikan bayi itu dari aksi merokok, karena merupakan racun bagi bayi.”

”(Bayi) perempuan ini berkembang dan masih memiliki paru-paru yang lemah, bagi saya ini adalah seperti membuat racun pada minumannya,” lanjut dia.

Antonio Nieto, Presiden Asosiasi Dokter Anak Spanyol, kepada The Local, menjelaskan dampak bahaya yang bisa dialami bayi kecil itu.”Tembakau adalah intrinsik, bahkan lebih buruk daripada heroin dan dia memberikannya kepada bayi yang paru-parunya masih berkembang,” kecam Nieto.

”Bahkan anak-anak yang terpapar asap rokok pasif lebih mungkin untuk mengalami kondisi gangguan paru-paru seperti asma atau bronkitis kronis. Saya pikir polisi pasti akan mempertimbangkan untuk menetapkan ini sebagai kasus pelecehan anak yang benar-benar luar biasa,” lanjut dia.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5642 seconds (0.1#10.140)