Dubes Rusia Ingin Kembali Rayakan V-day Bersama Ukraina

Senin, 11 Mei 2015 - 22:42 WIB
Dubes Rusia Ingin Kembali Rayakan V-day Bersama Ukraina
Dubes Rusia Ingin Kembali Rayakan V-day Bersama Ukraina
A A A
JAKARTA - Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Mikhael Y Galuzin berharap tahun depan Ukraina dan Rusia bisa kembali bersama-sama merayakan hari kemenangan Uni Soviet atas Nazi Jerman. Hal tersebut disampaikan Galuzin dalam pidatonya saat perayaan hari kemenangan yang kerap disebut V-day itu di Jakarta.

Tahun ini, Ukraina memang memutuskan untuk tidak bergabung dengan Rusia dalam perayaan V-day, dan lebih memilih merayakannya bersama dengan negara Eropa lainnya. Alasan Ukriana tidak hadir dalam peringatan V-day di Moskow, tidak lain karena konflik yang terjadi di negaranya, dimana Ukraina menganggap Rusia sebagai dalang di balik konflik yang melanda negara mereka.

"Ini adalah vodka Ukraina, dimana dengan ini kita berharap tahun depan Ukraina bisa kembali merayakan hari ini bersama dengan kita," kata Galuzin sembari menganggkat satu sloki vodka, yang memang merupakan minuman khas Eropa timur, pada Senin (11/5/2015).

Dalam pidatonya, Galuzin menyebut kemenangan Soviet atas Nazi adalah awal dari berakhirnya Perang Dunia ke-II. Kemenangan Rusia ini juga menjadi awal dari merdekanya beberapa negara di Asia, termasuk Indonesia, yang merdeka empat bulan paska kemenangan Soviet. Pada tahun 1992, Uni Soviet berganti nama menjadi Rusia.

Acara sendiri dimeriahkan oleh beberapa artis Rusia yang memang sengaja didatangkan langsung dari negara asalnya dengan tujuan untuk memeriahkan V-day di Jakarra.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7107 seconds (0.1#10.140)