Jerman Senang Kekerasan Terus Turun di Ukraina Timur

Senin, 09 Maret 2015 - 20:33 WIB
Jerman Senang Kekerasan Terus Turun di Ukraina Timur
Jerman Senang Kekerasan Terus Turun di Ukraina Timur
A A A
BUCHAREST - Intensitas pertempuran yang terus menerus turun setiap harinya di wilayah Ukraina timur ternyata membuat pemerintah Jerman bahagia. Negeri Bavaria itu menilai, hal ini adalah indikasi bahwa perjanjian gencatan senjata yang dicapai beberapa waktu lalu sudah mulai aktif diterapkan.

Berbicara saat melakukan kunjungan ke Romania, Menteri Luar Negeri Jerman Frank Walter Steinmeir menyatakan, ini adalah awal yang bagus bagi perdamaian di Urkaina timur. Gencatan senjata bisa menjadi awal bagi pembicaraan damai sesungguhnya antara separatis pro-Rusia dengan pemerintah Ukraina.

"Ini adalah awal yang benar-benar bagus. Setalah melalui awal yang sangat sulit, sudah terjadi penurunan kekerasan yang signifikan di Ukraina timur," ucap Steinmeri dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters, Senin (9/3/2015).

"Dalam beberapa hari terakhir kami tidak mendengar terlalu banyak laporan mengenai pelanggaran terhadap gencatan senjata, sudah tidak terlalu banyak pertanyaan mengenai efektifitas perjanjian itu," Steinmeri menambahkan.

Kekerasan di Ukraian timur sendiri mulai turun ketika Kiev dan separatis mulai melakukan penarikan mundur pasukan dan alat-alat berat mereka dari wilayah konflik. Paska penarikan mundur pasukan, kedua pihak yang bertikai juga mulai melakukan pertukaran tahanan, sesuai dengan isi perjanjian Minsk kedua yang ditandatangani Februari lalu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5329 seconds (0.1#10.140)