NATO: Rusia Harus Angkat Kaki dari Ukraina

Kamis, 26 Februari 2015 - 22:34 WIB
NATO: Rusia Harus Angkat Kaki dari Ukraina
NATO: Rusia Harus Angkat Kaki dari Ukraina
A A A
BRUSSELS - Sekertaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg menyerukan Rusia untuk segera angkat kaki dari wilayah Ukraina. Menurutnya, hal itu perlu dilakukan sebagai salah satu cara agar gencatan senjata benar-benar bisa diterapkan di Ukraina timur.

"Dalam beberapa bulan terakhir, Rusia telah mengirimkan setidaknya 1.000 tank, artileri dan sistem pertahanan undara canggih mereka ke Ukraina timur. Sudah saatnya bagi mereka (Rusia) untuk menarik semua itu, dan menghentikan dukungan kepada separatis," ucap Stoltenberg dalam sebuah pernyataan.

Stoltenberg, seperti dilansir Reuters, Kamis (26/2/2015), menegaskan bahwa semua pihak termasuk Rusia harus bisa menghormati isi pejanjian Minsk. Salah satu caranya adalah dengan menarik semua dukungan, baik pasukan atau alat-alat militer dari tanah Ukraina.

Di kesempatan yang sama, dirinya juga melemparkan kecaman terhadap aksi separatis yang terus mencoba memperluas wilayah mereka di Ukraina. Dalam pandangannya, hal itu tidak akan membantu proses gencatan senjata, dan negosisasi damai Ukraina.

"Semua usaha yang dilakukan oleh pihak yang ingin memperluas wilayah mereka adalah jelas melanggar isi dari perjanjian gencatan senjata, dan saya yakin masyarakat internasional tidak akan menerima hal itu," tambah Stoltenberg.

Namun, dirinya juga menyambut baik turunnya instesitas pertempuran di Ukraina timur. Stoltenberg menyebut, ini adalah indikasi bagus bagi kelanjutan gencatan senjata di wilayah tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4108 seconds (0.1#10.140)