Kobane Bebas dari Cengkeraman ISIS

Senin, 26 Januari 2015 - 20:13 WIB
Kobane Bebas dari Cengkeraman ISIS
Kobane Bebas dari Cengkeraman ISIS
A A A
KOBANE - Pasukan Kurdi Suriah yang dibantu oleh Kurdi Irak dikabarkan berhasil membebaskan wilayah Kobane dari cengkaraman ISIS. Kobane merupakan kota terbesar di wilayah Kurdi Suriah yang berada di dekat perbatasan Turki dan Suriah.

Melansir Channel News Asia, Senin (26/1/2015), kabar mengenai keberhasilan pasukan Kurdi tersebut disampaikan oleh Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia. Observatorium itu menyebut, saat ini Kobane tinggal selangkah lagi steril dari tangan kelompok radikal tersebut.

"Unit Perlindungan Rakyat Kurdi hampir memiliki kontrol penuh atas Kobane setelah mereka berhasil mengusir anggota ISIS dari wilayah tersebut," ucap Obeservatorium itu dalam sebuah pernyataan.

Pasukan Kurdi setidaknya membutuhkan waktu empat bulan untuk bisa membebaskan wilayah mereka dari ISIS, dan menjadi daerah pertama di Suriah yang berhasil direbut kembali dari tangan ISIS.

Peshmerga, julukan untuk pasukan Kurdi memang tidak sendiri melakukan perlawanan terhadap ISIS, mereka juga mendapat bantuan melalui serangan udara dari pasukan koalisi internasional yang dipimpin oleh Amerika Serikat.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3002 seconds (0.1#10.140)