Ditangkap di Saudi, Kemlu: Hafid Bukan Anggota ISIS!

Kamis, 18 Desember 2014 - 14:59 WIB
Ditangkap di Saudi, Kemlu: Hafid Bukan Anggota ISIS!
Ditangkap di Saudi, Kemlu: Hafid Bukan Anggota ISIS!
A A A
JAKARTA - Kemeterian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia memastikan salah satu warga negara Indonesia (WNI) yang ditangkap di Arab Suadi beberapa waktu lalu bukan anggota ISIS.

Deputi Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI), Lalu Muhamad Iqbal, pada Kamis (18/12/2014) menyatakan WNI bernama Hafid Imadudin memang berangkat ke Suriah.

Namun, tujuan Hafid bukan untuk bergabung dengan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Tapi, untuk menjadi relawan di negara konflik itu.

"Hafid ditangkap bulan Juli lalu, dia adalah seorang pekerja di grup konstruksi Bin Laden dan dia pergi ke Suriah untuk menjadi relawan di sana," ucap Iqbal.

"Dugaan dia bergabung dengan ISIS hanya sebatas spekulasi. Tidak ada satupun indikasi yang bersangkutan telah atau akan bergabung dengan ISIS," imbuh Iqbal.

Iqbal menyatakan, Hafid sebenarnya sudah memberitahukan kepada pihak berwenang di Saudi bahwa dirinya akan menyebrang ke Suriah. Namun, saat berada di perbatasan, dia justru ditangkap.

Hafid saat ini tengah berada di penjara Arab Saudi.Kemlu, menurut Iqbal, sudah beberapa kali menemui Hafid dan telah menawarkan bantuan hukum kepada yang bersangkutan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4598 seconds (0.1#10.140)