Kunyah Permen Karet di Forum APEC, Obama Dikecam

Kamis, 13 November 2014 - 14:45 WIB
Kunyah Permen Karet di Forum APEC, Obama Dikecam
Kunyah Permen Karet di Forum APEC, Obama Dikecam
A A A
BEIJING - Ulah Presiden Amerika Serikat yang mengunyah permen karet di forum APEC di Beijing membuat publik China marah. Sikap Obama itu dianggap tidak sopan.

Selama konferensi APEC berlangsung, Obama beberapa kali tertangkap kamera tampak mengunyah permen dan melangkah pergi seenaknya.

Rekaman tingkah Obama itu menuai kecaman di media sosial China, Weibo. Yin Hong, seorang profesor jurnalisme di Universitas Tsinghua, Beijing, menulis kritikan kerasnya terhadap Obama di Weibo.

“Kami membuat pertemuan ini begitu mewah, dengan lagu dan tarian, tapi lihatlah Obama, melangkah keluar dari mobil dan mengunyah permen karetnya seperti seorang pemalas,” tulis Yin Hong, seperti dikutip Independent, semalam.

Pengguna Weibo lainnya menjuluki Obama sebagai “rapper”. Di negara-negara Asia Timur dan Tenggara, mengunyah permen karet dipandang sebagai sesuatu yang bentuk kecerobohan sosial.

Warga China menilai forum APEC adalah forum penting dan terhormat, dan Obama semestinya tidak berperilaku yang menyinggung publik tuan rumah.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4598 seconds (0.1#10.140)