Bendera ISIS Mulai Berkibar di Kobani Kurdi

Selasa, 07 Oktober 2014 - 12:57 WIB
Bendera ISIS Mulai Berkibar di Kobani Kurdi
Bendera ISIS Mulai Berkibar di Kobani Kurdi
A A A
SURUC - Wilayah Kobani Kurdi, yang merupakan salah satu wilayah Kurdi terbesar di perbatasan Suriah dan Turki, dikabarkan sudah mulai berhasil diduduki oleh ISIS. Dugaan ini muncul setelah berkibarnya sebuah bendera ISIS di atap gedung di wilayah Kobani Kurdi.

Melansir Russia Today, Selasa (7/10/2014), kabar jatuhnya kota tersebut muncul setelah terjadi peperangan dahsyat antara pasuan Kurdi Suriah dengan ISIS. Idriss Nassan, salah seorang pejabat Kurdi, tidak membantah bahwa sebagian besar wilayah Kobani sudah berhasil dikuasai oleh ISIS.

Nassan menyatakan, saat ini ISIS telah berhasil menguasi bukit Mistenur, salah satu wilayah strategis di Kobani. Nassan juga menyatakan, serangan udara saja tidak cukup untuk mengusir ISIS dari Kobani. Menurutnya, pasukan darat dibutuhkan untuk memukul mundur ISIS.

"Serangan udara saja tidak cukup untuk mengalahkan ISIS di Kobani. Mereka (ISIS) mengepung kota dari tiga sisi, sehingga dibutuhkan kehadiran pasukan darat untuk mendukung serangan udara," ujar Nassan.

Namun, warga Kurdi lainya menyatakan, kota mereka belum sepenuhnya jatuh ke tangan ISIS. “ISIS hanya menaruh bendera mereka di atas sebuah gedung di sisi timur kota. Bendera tersebut bukan berkibar di dalam kota, itu berada di pinggiran kota,” ungkap Ismail Eskin, seoran wartawan lokal. “Pertempuran masih terus terjadi di dalam kota,” tambahnya.

Sementara itu, Turki hingga saat ini terus menyiagakan pasukan mereka di wilayah perbatasan untuk mengantisipasi pergerakan ISIS. Akibat serangan yang dilakukan ISIS di Kobani, ratusan ribu warga Kurdi memutuskan untuk mengungsi ke wilayah Turki.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3787 seconds (0.1#10.140)