Dokter Thailand Klaim Temukan Obat Ebola

Kamis, 02 Oktober 2014 - 15:59 WIB
Dokter Thailand Klaim Temukan Obat Ebola
Dokter Thailand Klaim Temukan Obat Ebola
A A A
BANGKOK - Para dokter di Fakultas Kedokteran Rumah Sakit Siriraj, Universitas Mahidol di Bangkok, Thailand mengklaim telah menemukan obat dari virus yang paling mematikan saat ini, yaitu Ebola.

Melansir Channel News Asia, Kamis (2/10/2014), dalam konferensi pers para dokter di rumah sakit tersebut mengumumkan, bahwa mereka telah menghasilkan antibodi yang mampu melawan Ebola. Antibodi itu memiliki ukuran yang cukup kecil untuk masuk ke sel yang terinfeksi, dan juga mengakses protein virus dalam sel.

“Antibodi tersebut mungkin akan bisa diproduksi dalam skala besar dalam jangka waktu satu tahun ke depan,” ungkap para dokter tersebut dalam pernyataannya. Dokter-dokter tersebut mengatakan, antibodi itu mereka dikembangkan menggunakan gen manusia.

“Sampel yang digunakan adalah virus mirip dengan lima helai Ebola dan kami tidak pernah menggunakan virus Ebola hidup dalam penelitian,” tambah mereka. Bila terbukti manjur, maka antibodi ini bisa menjadi terobosan baru dalam melawan endemik ebola.

Virus yang berkembang di wilayah Afrikat Barat itu sendiri dikabarkan telah menelan korban lebih dari 3.000 jiwa. Hingga saat ini penyebaran virus itu sudah mulai terdeteksi di luar negara Afrika, seperti Amerika Serikat dan juga Malaysia.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4411 seconds (0.1#10.140)