Ingin Temui Kim Jong-un, Pria AS Ditangkap Tentara Korsel

Rabu, 17 September 2014 - 17:33 WIB
Ingin Temui Kim Jong-un, Pria AS Ditangkap Tentara Korsel
Ingin Temui Kim Jong-un, Pria AS Ditangkap Tentara Korsel
A A A
SEOUL - Tentara Korea Selatan (Korsel) menangkap seorang pria Amerika Serikat (AS), pada Selasa (17/9/2014), karena mencoba menyeberang dan menemui pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un.

Pria AS itu mencoba berenang melintasi Sungai Han menuju ke Korut. Demikian laporan kantor berita Yonhap yang mengutip keterangan pejabat pertahanan Korsel.

Pria itu ditemukan tergeletak kelelahan di tepi sungai, dekat Zona Demiliterisasi Korea, yang merupakan bagian perbatasan kedua negara. Aparat Korsel kemudian mempertanyakan alasan pria AS yang identitasnya tidak diungkap itu untuk mencoba menyeberang ke Korut.

”Orang Amerika berenang ke Korut dengan kondisi arus yang deras, dia tampak kelelahan di dekat sungai. Dia ditemukan oleh seorang marinir,” kata sumber militer Korsel kepada Korea Herald.

"Saya percaya, pria ini merupakan warga AS yang pertama kali mencoba melarikan diri ke Korut di wilayah Gimpo.”

Insiden itu terjadi dua hari setelah salah satu dari tiga warga AS yang ditahan di Korut dijatuhi hukuman enam tahun kerja paksa atas tuduhan melakukan tindakan bermusuhan.

Pada September 2013, tentara Korsel telah menembak mati seorang pria yang mencoba untuk berenang menyeberangi sungai ke Korut. Pejabat Korsel menyatakan, pria yang ditembak mati itu mengabaikan peringatan petugas yang memintanya agar kembali ke wilayah Korsel.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4053 seconds (0.1#10.140)