Iran Sebar Bukti Drone Israel Masuki Wilayah Mereka

Selasa, 26 Agustus 2014 - 22:47 WIB
Iran Sebar Bukti Drone Israel Masuki Wilayah Mereka
Iran Sebar Bukti Drone Israel Masuki Wilayah Mereka
A A A
TEHERAN - Sebuah video yang menunjukan puing-puing pesawat nirawak atau drone muncul di salah satu televisi. Rekaman video ini menuai kotroversi, karena banyak pihak yang masih meragukan klaim Iran bahwa drone itu adalah milik Israel.

Melansir Daily Mail, Selasa (26/8/2014), dalam video itu juga ditampilkan foto serpihan-serpihan drone tergeletak di tengah padang pasir. Drone tersebut ditembak jatuh ketika pesawat nirawak itu mencoba untuk menembus area terlarang situs nuklir Natanz, Iran.

Jenderal Amir Ali Hajizadeh, Kepala Divisi Pasukan Udara Iran bersikeras, bahwa pesawat tak berawak itu adalah milik Israel. Namun, ia mengakui bahwa drone tersebut bukanlah diterbangkan dari Israel, melainkan dari wilayah lain yang berdekatan dengan Israel.

“Berdasarkan hasil analisis arah dan jalur dari drone itu, pesawat tersebut memang bukan diterbangkan dari Israel, tetapi diterbangkan dari negara di sekitar wilayah tersebut. Kami memiliki beberapa petunjuk tentang hal ini,' ungkap Hajizadeh.

Israel sendiri masih enggan menanggapi tuduhan yang ditujukan Iran kepada mereka. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Marzieh Afkham mengutuk tindakan itu, dengan menyebutnya sebagai pelanggaran terhadap integritas teritorial Iran.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3477 seconds (0.1#10.140)