Dua Pria Ini Dicurigai Geng 'The Beatle' Algojo Foley

Sabtu, 23 Agustus 2014 - 11:20 WIB
Dua Pria Ini Dicurigai Geng The Beatle Algojo Foley
Dua Pria Ini Dicurigai Geng 'The Beatle' Algojo Foley
A A A
LONDON - Dua pria militan asal Inggris, salah satunya dicurigai sebagai algojo ISIS pemenggal jurnalis Amerika Serikat, James Foley. Kedunya dicurigai anggota geng “The Beatle” yang salah satunya dikenal dengan julukan “John”.

Kedua militan yang sedang diselidiki karena dicurigai sebagai algojo Foley adalah Aine Davis, 30, dan Abdel-Majed Abdel Bary, 23. (Baca: Algojo ISIS Pemenggal Jurnalis AS, Anggota Geng 'The Beatle')

Davis meninggalkan Hammersmith, London, tahun lalu untuk berperang di Suriah bersama ISIS atau negara Islam Irak dan Suriah. Istri Davis, Amal El-Wahabi, 27, asal Harlesden, London, sebelumnya telah dihukum karena dituduh sebagai donatur teroris.

Davis dulunya adalah mantan pengedar narkoba yang dikenal sebagai Biggz. Dia, seperti dikutip Mirror, semalam (22/8/2014) memeluk agama Islam dan berpikiran radikal ketika berada di penjara.

Militan Inggris kedua, Abdel-Majed Abdel Bary, 23, yang mantan rapper telah meninggalkan keluarganya di Maida Vale, untuk bergabung dengan ISIS. Dari dua militan Inggris itu belum disimpulkan siapa algojo pemenggal Foley yang sebenarnya. Terlebih, anggota geng “The Beatle” ada tiga militan Inggris.

Jurnalis Guardian yang bertugas di Timur Tengah, Martin Chulov, juga mengaku mengenal pria dengan julukan “John” itu dari sejumlah sandera yang bebas.

"Kami berbicara dengan sandera pada saat ini, sandera yang bebas beberapa bulan lalu. Sandera ini telah mengindentifikasi orang yang ada dalam video itu,” kata Chulov, mengacu pada video pemenggalan Foley, sebelum akhirnya dihapus oleh YouTube dan Twitter.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3686 seconds (0.1#10.140)