Diplomat: HIMARS Kunci Kehancuran Pasukan Rusia, Keberhasilan Ukraina

Minggu, 11 September 2022 - 11:15 WIB
loading...
Diplomat: HIMARS Kunci Kehancuran Pasukan Rusia, Keberhasilan Ukraina
Sistem peluncur roket HIMARS bantuan AS kepada Ukraina menjadi kunci kehancuran pasukan Rusia. Foto/Ilustrasi
A A A
KIEV - Mantan duta besar Ukraina untuk Austria mengatakan bahwa Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) Amerika Serikat (AS) adalah kunci di balik keberhasilan Ukraina di medan perang melawan Rusia.

"HIMARS Amerika terus menghancurkan perangkat keras militer Rusia. Jika bukan karena mereka, perangkat keras militer Rusia akan menghancurkan Ukraina. Sesederhana ini, sungguh," kata mantan diplomat Ukraina, Olexander Scherba, di Twitter seperti dikutip dari Newsweek, Minggu (11/9/2022).

Scherba juga membagikan rekaman video pasukan yang dikelilingi oleh puing-puing, berjalan di tempat yang tampaknya merupakan bangunan yang hancur, tetapi pengaturannya tidak jelas.

Sebelumnya Jenderal Mark Milley, ketua Kepala Staf Gabungan AS, mengatakan kepada wartawan minggu ini bahwa Ukraina telah menggunakan HIMARS untuk menyerang lebih dari 400 sasaran selama invasi Rusia.

AS sejauh ini telah mengirim 16 HIMARS ke negara Eropa Timur itu. Pejabat Amerika mengatakan pada hari Kamis bahwa mereka akan memberikan lebih banyak amunisi HIMARS, di antara kemampuan lainnya, ke negara itu sebagai bagian dari paket bantuan keamanan senilai USD675 juta yang akan datang.

Ukraina sebelumnya telah menggembar-gemborkan efektivitas HIMARS. Bohdan Dmytruk, seorang komandan di Brigade Mekanik ke-93 Ukraina, pada bulan Juli mengatakan kepada The Washington Post bahwa penggunaan sistem senjata untuk menyerang gudang amunisi Rusia secara signifikan mengurangi penembakan.



"Kami memiliki sekitar satu orang menderita gegar otak setiap minggu sekarang. Sebelum HIMARS melanda, itu sekitar dua sampai tiga hari karena intensitas penembakan," kata Dmytruk.

Pengumuman AS tentang paket bantuan terbarunya ke Ukraina datang ketika pasukan Ukraina berusaha untuk mendapatkan kembali wilayah yang telah diduduki oleh Moskow di wilayah Kherson dan Kharkiv.

Dalam beberapa hari terakhir, rekaman video yang tampaknya menunjukkan tentara Ukraina membebaskan daerah yang diduduki oleh pasukan Rusia telah dibagikan di media sosial.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1425 seconds (0.1#10.140)