Paus Francis Dukung Ritual Mengusir Setan

Kamis, 03 Juli 2014 - 10:11 WIB
Paus Francis Dukung Ritual Mengusir Setan
Paus Francis Dukung Ritual Mengusir Setan
A A A
VATIKAN - Pemimpin Vatikan, Paus Fransiskus (Francis) mendukung dihidupkannya kembali eksorsisme (ritual pengusiran setan) di kalangan gereja. Ritual itu pernah muncul di abad pertengahan untuk melawan berbagai bentuk kejahatan.

Saat ini ada Asosiasi Eksorsisme Internasional untuk kembali memperkenalkan praktik ritual tersebut. Media Vatikan L'Osservatore Romano, melaporkan bahwa komite pemerintahan Vatikan telah menempatkan konstitusi untuk organisasi pengusir setan.

”Eksorsime adalah bentuk amal yang bermanfaat bagi mereka yang menderita,” kata kepala asosiasi, Pendeta Francesco Bamonte, seperti dikutip news.com.au, Kamis (3/7/2014).

Tidak seperti pendahulunya, Paus Francis memiliki fokus yang kuat pada masalah setan yang dia yakini tidak akan berhenti menganggu umat manusia, Istilah setan kerap dimunculkan dalam pidato Paus.

Personifikasi setan, menurut Paus, muncul dalam setiap aksi kejahatan.”Dari siapa pun yang tidak berdoa kepada Tuhan, tapi berdoa kepada iblis,” ujar Paus, dalam salah satu pidatonya.

Paus bahkan mencoba melakukan ritual eksorsisme. Tahun lalu, dia menaruh tangannya di kepala seorang pria disebut-sebut dirasuki empat setan. Dalam ritual eksorsisme, kata-kata yang diucapkan adalah doa “pembebasan”.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4497 seconds (0.1#10.140)