Italia panggil pulang Dubes di India

Selasa, 18 Februari 2014 - 23:04 WIB
Italia panggil pulang Dubes di India
Italia panggil pulang Dubes di India
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Italia pada Selasa (18/2/2014), menarik Duta Besarnya di India, Daniele Mancini. Langkah ini dilakukan sebagai bentuk protes atas keterlambatan baru dalam proses hukum terhadap dua Marinir Italia yang dituduh membunuh dua nelayan India pada 2012 silam.

“Duta Daniele Mancini akan segera kembali ke Italia untuk konsultasi,” kata Kementerian Luar Negeri Italia dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Reuters. Italia juga mengecam penundaan oleh Mahkamah Agung India dan menyebutnya sebagai tindakan yang tak dapat diterima.

"Mengingat ketidakmampuan India dalam menangani kasus ini, Italia akan melanjutkan dan mengintensifkan tindakan untuk membela hak-hak kedaulatannya sesuai dengan hukum internasional," kata Menteri Luar Negeri Italia, Emma Bonino.

"Tujuan utama Italia tetaplan mencoba untuk mendapatkan kembali dua Marinir itu secepat mungkin," lanjutnya.

Sebuah sidang Mahkamah Agung yang dijadwalkan berlangsung pada Selasa ini terpaksa ditunda karena Jaksa masih menunggu Kementerian Kehakiman India untuk memutuskan hukum guna mengadili perkara tersebut.

Dua Marinir Italia itu, Massimiliano Latorre dan Salvatore Girone, dituduh membunuh dua nelayan India yang mereka kira adalah bajak laut. Saat terjadinya insiden itu, dua Marinir tersebut tengah mengawal sebuah kapal kargo.

Saat ini, kedua anggota Marinir itu tinggal di Kedutaan Italia di kota New Delhi. Pihak berwenang Italia telah melobi Uni Eropa dan PBB. Italia menginginkan kasus ini diadili di Italia, karena insiden itu terjadi di perairan internasional. Sementara India menyatakan, kasus tersebut terjadi di perairan India.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5630 seconds (0.1#10.140)