China kecam rencana kunjungan Dalai Lama ke Norwegia

Jum'at, 20 Desember 2013 - 23:55 WIB
China kecam rencana kunjungan Dalai Lama ke Norwegia
China kecam rencana kunjungan Dalai Lama ke Norwegia
A A A
Sindonews.com – Pemerintah China pada Jumat (20/12/2013), mengecam rencana Dalai Lama untuk mengunjungi Norwegia. Hubungan China dan Norwegia mengalami ketegangan, sejak pemberian Hadiah Nobel Perdamaian 2010 untuk pembangkang China, Liu Xiaobo.

"China dengan tegas menentang setiap negara yang menerima kunjungan Dalai Lama. China dengan tegas menentang segala bentuk pertemuan resmi dengan Dalai Lama oleh pejabat pemerintah dari negara-negara lain," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying, seperti dikutip dari Reuters.

"Kami berharap, bahwa pihak-pihak terkait secara efektif akan menghormati keprihatinan utama China, mengambil upaya praktis dan membuat tindakan yang efektif untuk memperbaiki hubungan," lanjutnya.

Sebelumnya, Geir Lundestad, Sekretaris Komite Nobel Norwegia untuk penghargaan hadiah perdamaian mengatakan kepada Reuters, bahwa Dalai Lama akan datang ke Norwegia Mei 2014 atas undangan kelompok Budha setempat. "Kami berharap untuk menghubungi dia, tapi itu bukan inisiatif kami," kata Lundestad.

Hubungan diplomatik Norwegia dengan China telah dibekukan sejak 2010, ketika Komite Nobel memberikan hadiah perdamaian pada Liu, seorang veteran protes pro demokrasi pada 1989. China juga telah membatalkan pertemuan dengan para pejabat Norwegia dan menolak permohonan visa, meski Pemerintah Norwegia mengatakan, bahwa mereka tidak memiliki pengaruh atas Komite Nobel.

Tidak jelas, apakah para pejabat Pemerintah Norwegia akan bertemu dengan Dalai Lama dalam kunjungan itu. "Kunjungan itu bersifat pribadi. Kami belum menerima permintaan untuk pertemuan dengan Dalai Lama, karena itu kami tidak berada dalam posisi untuk berkomentar,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Norwegia, Svein Atle Michelsen.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5582 seconds (0.1#10.140)