Sibuk, Pemimpin oposisi Suriah tak dapat kunjungi Rusia

Senin, 09 Desember 2013 - 20:16 WIB
Sibuk, Pemimpin oposisi Suriah tak dapat kunjungi Rusia
Sibuk, Pemimpin oposisi Suriah tak dapat kunjungi Rusia
A A A
Sindonews.com - Pemimpin oposisi Suriah, Ahmad Jarba, mengatakan, ia tidak dapat mengunjungi Moskow untuk memenuhi undangan Pemerintah Rusia. Demikian disampaikan Jarba saat melakukan kunjungan resmi perdana ke Kuwait, Senin (9/12/2013).

"Saya telah menerima undangan dari Menteri Luar Negeri RUsia, Sergei Lavrov untuk mengunjungi Moskow. Undangan tersebut disampaikan wakilnya sekitar 20 hari yang lalu," ungkap Jarba.

"Tapi, saya tidak dapat menyanggupi kunjungan tersebut. Sebab, saya sibuk dengan beberapa hal. Saya akan mengunjungi Rusia untuk meyakinkan mereka bahwa kepentingan mereka yang utama itu seharusnya pada rakyat Suriah, bukan pada rezim yang berkuasa," tutur Jarba.

Jarba mengatakan, Koalisi Nasional Suriah telah memutuskan untuk hadir dalam konfensi Jenewa II, tentunya dengan serangkaian pra syarat, termasuk tanpa menyertakan peran politik Assad dalam pemerintahan transisi Suriah di masa depan.

"Kami juga menginginkan Pemerintah Suriah membuka jalan bagi bantuan kemanusiaan dan melepaskan tahanan perempuan dan anak-anak, seperti yang telah disepakati dalam pertemuan sahabat Suriah di London, yang dihadiri 11 Menteri Luar Negeri negara asing," imbuh Jarba.

Dalam kesempatan iu, Jarba mengungkapkan, bahwa Koalisi Nasional Suriah belum membuat keputusan, apakah akan menghadiri Konferensi Jenewa II atau tidak. "Keputusan akan diambil pada akhir Desember mendatang. Namun, Saya ragu pertemuan yang telah berulang kali tertunda itu bakal terlaksana sesuai jadwal," keluhnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4242 seconds (0.1#10.140)