Radioaktif Fukushima diyakini sudah menyebar ke tanah

Sabtu, 03 Agustus 2013 - 17:36 WIB
Radioaktif Fukushima diyakini sudah menyebar ke tanah
Radioaktif Fukushima diyakini sudah menyebar ke tanah
A A A
Sindonews.com – Zat radioaktif dari reaktor nuklir Fukushima yang bocor, diyakini sudah menyebar ke tanah. Media Jepang pada Sabtu (3/8/2013), melaporkan, mencemaran radioaktif terhadap air laut sudah meningkat.

Surat kabar Asahi, mengutip data dari pertemuan para petinggi Fukushima Jumat kemarin, melaporkan, pencemaran radioaktif pada air laut sudah membengkak, dan kemungkinan telah menyebar ke permukaan tanah, dalam waktu tiga minggu terakhir.

Penangung jawab reaktor nuklir Fukushima, Tepco, terus berupaya mengatasi kebocoran reaktor nuklir akibat gempa bumi dan tsunami di Jepang 2,5 tahun lalu. Tepco telah menyuntikkan bahan kimia ke dalam tanah untuk menyumbat aliran air yang terkontaminasi radioaktif.

Sementara, data dari uji air sumur di kawasan Fukushima menunjukkan, pencemaran radioaktif sudah meningkat. Tak seorang pun perwakilan dari Tepco dan Otoritas Nuklir Jepang (NRA) bisa dihubungi untuk memberikan komentar.

”Pada pertemuan Jumat seorang pejabat Tepco, mengatakan peralatan untuk memompa keluar air harus siap pada akhir Agustus,” tulis surat kabar Asahi, seperti dikutip Reuters.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4199 seconds (0.1#10.140)