60 warga Pantai Gading tewas usai berpesta kembang api

Selasa, 01 Januari 2013 - 20:25 WIB
60 warga Pantai Gading tewas usai berpesta kembang api
60 warga Pantai Gading tewas usai berpesta kembang api
A A A
Sindonews.com - Sedikitnya 60 orang dilaporkan tewas, sementara 200 orang lainya menderita luka-luka usai merayakan pesta pergantian tahun di dekat Stadion Felix Houphouet Boigny , Pantai Gading, Selasa (1/1/2013).

"Berdasarakan perkiraan sementara, sekitar 60 orang tewas, sementara 200 orang lainya cedera dalam sebuah insiden yang terjadi usai perayaan malam perantian tahun," ungkap Letnan Kolonel Issa Sako seperti diberitakan dalam Russia Today.

Namun, seorang pejabat lainya mengatakan, korban tewas dalam insiden tersebut berjumlah 61 orang, sementara luka-luka sebanyak 48 orang.

Kantor berita AIP mengatakan, sebagian besar dari korban tewas adalah anak-anak yang berusia 8-15 tahun, sebagian besar dari mereka adalah warga Kota Abidjan.

Belum dapat dipastikan apa penyebab kekerasan ini. Namun, sebuah laporan mengatakan, sebuah penyerbuan tiba-tiba terjadi pada pukul 1 pagi dini hari di pusat Kota Abidjan, tepatnya dekat Stadion Felix Houphouet Boigny. Lokasi ini adalah salah satu titik pusat keramaian, di mana sejumlah orang datang untuk menyaksikan pertunjukan kembang api.

"Dua anak saya kemarin datang ke stadion ini. Sebelumnya, saya sudah melarang mereka untuk datang, tapi mereka tidak mendengarkan ucapan saya. Mereka pergi saat saya tertidur. Saya bingung apa yang harus saya lakukan saat ini, ke mana saya harus mencari dua anak saya yang hilang. Saya tidak tahu apakah dia masih hidup atau hanya terluka," ungkap Assetou Toure, seorang warga Abidjan.

Sepanjang pagi, di sekitar stadion Felix Houphouet Boigny masih terlihat keberadaan sejumlah pasukan keamanan, tim penyelamat, dan sejumlah pejabat pemerintah. Jalan yang mereka jaga dipenuhi beberapa noda darah, sepatu, dan sejumlah perlengkapan yang tertinggal di sepajang jalan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3871 seconds (0.1#10.140)