Horornya Tragedi Pencakar Langit Teheran, 30 Tewas Dalam Sekejap

Jum'at, 20 Januari 2017 - 00:39 WIB
Horornya Tragedi Pencakar Langit Teheran, 30 Tewas Dalam Sekejap
Horornya Tragedi Pencakar Langit Teheran, 30 Tewas Dalam Sekejap
A A A
TEHERAN - Gedung pencakar langit tertinggi di Teheran, Iran, runtuh dalam hitungan detik akibat kebakaran hebat. Tragisnya, 30 petugas pemadam kebakaran tewas ketika sedang bertugas memadamkam kobaran api yang melahap gedung Plasco yang terkenal sebagai bangunan tua.

Stasiun televisi Iran melaporkan 30 petugas pemadam kebakaran tewas. Selain itu, 75 orang lainnya, termasuk di dalamnya 45 petugas pemadam kebakaran terluka.

Gedung Plasco merupakan salah satu ikonik di Teheran selatan. ”Bangunan ini salah satu bangunan tertua di Teheran. Gedung Plasco adalah bangunan yang sangat tua di Teheran selatan. Ini bagian bangunan komersial,” demikian siaran stasiun televisi negara Iran yang dikutip AP, Kamis (19/1/2017) malam.

Umur bangunan Plasco sudah lebih dari 50 tahun. Bangunan itu runtuh dalam hitungan detik dan menimpa puluhan petugas pemadam kebakaran.

Kantor berita Iran, Fars, melaporkan bahwa sebagian besar pemilik toko dan warga di Plasco telah berhasil dievakuasi sebelum banguna runtuh. Api mulai berkobar sekitar pukul 08.00 waktu setempat ketika banyak pemilik toko tidak berada di dalam gedung.

Bangunan 17 lantai ini dibangun pada awal tahun 1960 oleh pengusaha Yahudi Iran Habib Elghanian. Nama Plasco diambil dari nama perusahaan plastik pengusaha itu.

Tragedi kebakaran di Teheran ini memicu aksi solidaritas dari para petugas pemadam kebakaran di berbagai negara, salah satunya dari Brigade Pemadam Kebakaran London, Inggris yang mengirim pesan melalui media sosial.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2913 seconds (0.1#10.140)