Serangan AU Nigeria Hantam Kamp Pengungsi, 52 Tewas

Rabu, 18 Januari 2017 - 16:45 WIB
Serangan AU Nigeria Hantam Kamp Pengungsi, 52 Tewas
Serangan AU Nigeria Hantam Kamp Pengungsi, 52 Tewas
A A A
MAIDUGURI - Serangan angkatan udara Nigeria ke sebuah kamp pengungsi di timur laut negara itu menewaskan 52 orang dan melukai 120 lainnya. Demikian pernyataan juru bicara Medecins Sans Frontieres (MSF).

MSF mengatakan serangan itu terjadi di Rann wilayah negara bagian Borno, pusat kelompok pemberontak Boko Haram. "Setidaknya 52 orang tewas dan 120 luka-luka. Organisasi tim medis dan bedah di wilayah ini sedang mempersiapkan untuk mengobati pasien dievakuasi," kata Tim Shenk, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (18/1/2017)

Seorang juru bicara Komite Palang Merah Internasional, ICRC, mengatakan enam anggota Palang Merah Nigeria tewas dan 13 luka-luka. Sementara lembaga anak-anak PBB, UNICEF, mengatakan serangan itu menggarisbawahi pentingnya melindungi warga sipil dalam keadaan darurat kemanusiaan yang kompleks.

Sebelumnya, militer Nigeria mengungkapkan bahwa serangan itu dimaksudkan untuk militan Boko Haram. Komandan militer regional Nigeria, Jenderal Lucky Irabor mengatakan lokasi serangan terletak di Kala Balge, sebuah distrik di wilayah Rann. Irabor mengatakan terlalu dini untuk menentukan penyebab insiden itu. Ia juga mengatakan tidak diketahui jumlah warga sipil yang tewas dan pekerja kemanusiaan dari MSF serta ICRC berada di antara korban yang terluka.

Baca juga:
Target Keliru, Bom Jet Nigeria Membunuh 100 Lebih Warga Sipil


Insiden ini terjadi di tengah serangan terhadap Boko Haram oleh militer Nigeria selama beberapa minggu terakhir. Presiden Nigeria Muhammadu Buhari bulan lalu mengatakan sebuah kamp kunci dalam basis kelompok pemberontak di hutan Sambisa di negara bagian Borno berhasil direbut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4926 seconds (0.1#10.140)