Banyak Diplomat Korut Siap Membelot ke Korsel

Selasa, 17 Januari 2017 - 12:19 WIB
Banyak Diplomat Korut Siap Membelot ke Korsel
Banyak Diplomat Korut Siap Membelot ke Korsel
A A A
SEOUL - Sejumlah diplomat Korea Utara (Korut), khususnya yang bertugas di Eropa sedang bersiap untuk membelot ke Korea Selatan (Korsel). Hal itu disampaikan mantan Wakil Duta Besar Korut untuk Inggris, Thae Yong Ho, yang sudah terlebih dahulu membelot ke Korsel.
"Sejumlah besar diplomat Korut akan datang ke Korsel dalam waktu dekat. Saya bukan satu-satunya dari Eropa. Saya melihat akan lebih banyak lagi yang datang," kata Yong Ho, seperti dilansir Reuters pada Selasa (17/1).
Yong Ho membelot ke Korsel pada bulan Agustus tahun lalu dan sejak Desember 2016 telah berbicara kepada media lokal dan tampil di acara televisi untuk membahas pembelotan ke Seoul dan hidupnya sebagai utusan Korut.
Dia mengatakan secara terbuka mengenai ketidakpuasan dengan aturan pemimpin Korut Kim Jong-un adalah alasan dia membelot. "Dari semua pembelot tingkat tinggi baru-baru ini, saya satu-satunya yang telah go public," tukas Yong Ho
Yong Ho adalah pejabat Korut dengan pangkat paling tinggi yang membelot ke Korsel sejak tahun 1997, atau sejak pembelotan Hwang Jang Yop, otak di balik ideologi pemerintahan Korut, "Juche", yang menggabungkan Marxisme dengan nasionalisme ekstrim.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3438 seconds (0.1#10.140)