Tentara Suriah Kuasai Penuh Aleppo

Jum'at, 23 Desember 2016 - 16:36 WIB
Tentara Suriah Kuasai Penuh Aleppo
Tentara Suriah Kuasai Penuh Aleppo
A A A
DAMASKUS - Komandan Angkatan Darat Suriah mengatakan tentara pemerintah telah kembali mengontrol penuh seluruh Aleppo. Dalam sebuah pernyataan, ia juga mengatakan telah mengembalikan keamanan dan stabilitas kota.

"Kota ini telah dibebaskan dari terorisme dan teroris," bunyi pernyataan itu seperti dikutip Russia Today dari kantor berita Suriah, SANA, Jumat (23/12/2016).

Pernyataan itu juga mengatakan Aleppo saat ini akan menandai titik balik dalam perang melawan terorisme. "Penyerangan ini pukulan yang menghancurkan kekuatan yang didukung sebuah rencana terorisme terhadap Suriah," tambah pernyataan itu.

Sementara itu, Palang Merah Internasional (ICRC) telah mengkonfirmasi bahwa operasi kompleks untuk mengevakuasi warga dan pemberontak yang ingin meninggalkan Aleppo telah selesai.

"Semua warga sipil yang ingin dievakuasi telah dipindahkan, termasuk mereka yang terluka dan pemberontak," kata juru bicara Komite Internasional Palang Merah, Krista Armstrong.

Pertempuran untuk Aleppo berlangsung selama hampir setengah tahun setelah Tentara Suriah pertama mengepung gerilyawan dan pemberontak berlindung di kota, pada akhir Juli lalu. Selama operasi untuk membebaskan Aleppo, lebih dari 78.000 warga sipil berhasil melarikan diri distrik timur ke daerah-daerah yang dikuasai pemerintah dengan bantuan dari Pusat untuk RekonsiliasiRusia.

Pada awal Desember, pemerintah Suriah dan kelompok-kelompok bersenjata mencapai kesepakatan, yang ditengahi oleh Rusia dan Turki. Kesepakatan itu termasuk evakuasi pemberontak yang tersisa dan militan serta anggota keluarganya melalui koridor kemanusiaan yang didirikan oleh pasukan pemerintah.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4161 seconds (0.1#10.140)