Serangan Udara Turki di Irak Utara Tewaskan 19 Militan Kurdi

Sabtu, 10 Desember 2016 - 15:18 WIB
Serangan Udara Turki di Irak Utara Tewaskan 19 Militan Kurdi
Serangan Udara Turki di Irak Utara Tewaskan 19 Militan Kurdi
A A A
ANKARA - Pesawat jet Turki melakukan serangan udara terhadap gerilyawan Kurdi di wilayah Gara, Irak utara, Jumat kemarin. Setidaknya 19 militan Kurdi tewas akibat serangan tersebut.

Sumber-sumber militer mengatakan jet-jet tempur Turki lepas landas dari sebuah pangkalan udara di Diyarbakir. Serangan tersebut sebagai reaksi atas ancaman Partai Pekerja Kurdi (PKK) yang tengah menyiapkan serangan terhadap unit militer di perbatasan seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (10/12/2016).

Turki kerap melancarkan serangan udara terhadap sasaran-sasaran PKK di daerah pegunungan di Irak utara dekat perbatasan negara itu, di mana kepemimpinan kelompok militan Kurdi memiliki sejumlah kamp.

Gencatan senjata antara PKK dan Turki runtuh tahun lalu, memicu beberapa kekerasan terburuk dalam tiga dekade pemberontakan Kurdi. Lebih dari 40.000 orang, sebagian besar dari mereka adalah orang Kurdi, telah tewas dalam konflik Turki dengan PKK. PKK telah dimasukkan ke dalam daftar kelompok teroris oleh Turki, Uni Eropa, dan Amerika Serikat (AS).
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5493 seconds (0.1#10.140)