Putin Kirim Surat Rahasia untuk Rouhani

Selasa, 06 Desember 2016 - 15:06 WIB
Putin Kirim Surat Rahasia untuk Rouhani
Putin Kirim Surat Rahasia untuk Rouhani
A A A
TEHERAN - Presiden Rusia Vladimir Putin dilaporan telah mengirimkan sebuah surat rahasia kepada Presiden Iran Hassan Rouhani. Surat tersebut diketahui diterima oleh Rouhani pada akhir pekan lalu.
Surat itu dikabarkan diserahkan oleh seorang diplomat senior Rusia, Alexander Lavrentiev. Lavrentiev telah bertemu dengan Rouhani Sabtu lalu, untuk memberikan surat rahasia itu. Kedatangan Lavrentiev ke Teheran dibenarkan oleh Kementerian Luar Negeri Iran.
"Alexander Lavrentiev, yang baru-baru ini mengunjungi Iran, membawa pesan dari Presiden Putin ke pemimpin politik Iran," kata juru bicara Kemlu Iran, Bahram Qassemi seperti dilansir Iran Daily pada Selasa (6/12).
Terkait pesan yang dimaksud, Qassemi enggan memberikan rincian mengenai bentuk pesan, dan apa isi pesan yang disampaikan oleh Putin kepada pemimpin Iran tersebut. Banyak pihak menduga isi surat tersebut mengenai Suriah.
Seperti diketahui, Rusia dan Iran melakukan konsultasi reguler mengenai situasi di Suriah, dan mengkoordinasikan upaya mereka dalam membantu membersihkan negara tersebut dari kelompok teror.
Sementara juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan, Putin memang telah menunjuk seorang untuk menyerahkan surat tersebut kepada Rouhani. Peskov menyatakan tidak bisa memberikan rincian lebih lanjut mengenai hal ini.
"Saya bisa mengkonfirmasi pengiriman surat oleh Presiden Rusia untuk mitranya di Iran, tapi tidak bisa mengungkapkan detailnya," kata Peskov.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4040 seconds (0.1#10.140)