Putra Mahkota Akan Jadi Raja Baru Thailand pada 1 Desember

Rabu, 02 November 2016 - 05:03 WIB
Putra Mahkota Akan Jadi Raja Baru Thailand pada 1 Desember
Putra Mahkota Akan Jadi Raja Baru Thailand pada 1 Desember
A A A
BANGKOK - Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn akan dikukuhkan sebagai raja baru Thailand pada tanggal 1 Desember 2016. Hal itu diungkap sumber senior di kerajaan Thailand kepada BBC, Rabu (2/11/2016).

Pangeran Vajiralongkorn akan menggantikan mendiang ayahnya, Raja Bhumibol Adulyadej yang meninggal pada tanggal 13 Oktober 2016 di usia 88 tahun.

Pemerintah Thailand secara resmi telah mengumumkan masa berkabung selama setahun. Raja Bhumibol yang sudah berkuasa selama 70 tahun merupakan sosok yang sangat dihormati rakyat Thailand.

Dia dianggap sebagai sosok yang menstabilkan negara, mempromosikan pembangunan ekonomi dan harmoni sosial di negara yang dilanda siklus kekacauan politik dan beberapa kudeta.

Putra Mahkota Vajiralongkorn tidak sepopuler ayahnya. Dia justru dikenal karena kontroversi yang dia buat, termasuk menikah tiga kali dan semuanya gagal.

Perdana Menteri (PM) Thailand, Prayuth Chan-ocha, mengatakan bahwa pembatasan acara hiburan dan televisi sejak kematian Raja Bhumibol akan dicabut pada 14 November 2016.

“Dalam hal hiburan—sinetron dan film—mereka bisa menikmati lagi nanti. Kami hanya meminta kerjasama, beberapa program perlu untuk menurunkan nada mereka,” katanya.

PM Thailand juga memperingatkan orang-orang untuk tetap menjaga kesopanan sepanjang masa berkabung dan menahan diri dari mengenakan pakaian yang tidak pantas.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4882 seconds (0.1#10.140)