alexa snippet

Al Shabaab Rebut Sebuah Kota di Barat Laut Mogadishu

Al Shabaab Rebut Sebuah Kota di Barat Laut Mogadishu
Kelompok militan Al-Shabaab merebut sebuah kota di Somalia dari tangan pasukan pemerintah. Foto/Istimewa
A+ A-
MOGADISHU - Kelompok militan al-Shabaab merebut kota barat laut dari ibukota Somalia, Mogadishu, dari pasukan pemerintah pada hari Minggu. Kota tersebut menjadi kota terakhir yang diambil oleh kelompok militan yang berusaha untuk menggulingkan pemerintah yang didukung Barat di negara itu.

"Banyak pejuang Al-Shabaab yang menyerang kami pagi ini dan setelah pertempuran singkat kami meniggalkan kota untuk alasan taktis," kata petinggi militer Somalia, Mayor Hussein Edin. Ia juga menyatakan seorang tentara Somalia tewas seperti dikutip dari Reuters, Senin (31/10/2016).

Sedangkan juru bicara operasi militer Al-Shabaab, Sheikh Abdiasis Abu Musab, menegaskan kelompok itu menduduki wilayah pemukiman. Ia mengatakan tujuh tentara Somalia tewas.

Dalam insiden terpisah, pasukan Somalia di wilayah semi otonom Galmudug sebelah utara Mogadishu membebaskan seorang wanita Kenya, Loise Njoki Weru. Weru, dikatakan oleh pejabat setempat, telah disandera oleh perompak sejak 2015.

Wakil Presiden Galmudug, Mohamed Hashi mengatakan, Weru kini berada di tangan yang aman setelah pasukan keamanan membebaskannya dan telah berbicara dengan keluarganya. Meski begitu, Hashi tidak mengatakan kapan Weru akan dipulangkan.

Awal bulan ini, 26 pelaut Asia dibebaskan setelah lebih dari empat tahun menjadi tahanan di sebuah desa nelayan kecil di Somalia setelah ditahan oleh perompak.



(ian)
dibaca 15.252x
loading gif
Top