PM Irak Sebut Operasi Pembebasan Mosul Mengejutkan

Kamis, 20 Oktober 2016 - 18:47 WIB
PM Irak Sebut Operasi Pembebasan Mosul Mengejutkan
PM Irak Sebut Operasi Pembebasan Mosul Mengejutkan
A A A
BAGHDAD - Perdana Menteri Irak Haider el-Abadi menyebut operasi pembebasan Mosul sebagai hal yang cukup mengejutkan. Abadi menyebut operasi itu berjalan jauh lebih cepat daripada apa yang ia targetkan sebelumnya.
Pernyataan itu disampaikan Abadi saat ia melakukan percakapan video dengan Presiden Prancis Fracois Hollande. Dalam percakapan itu, Abadi menuturkan pasukan gabungan Irak telah mencapai Mosul dan ini lebih cepat dari yang ditargetkan.
"Pasukan yang terus maju ke dalam kota, bergerak lebih cepat dari yang kita duga dan lebih cepat dari yang kita program dalam rencana kampanye yang kami lakukan," ucap Abadi, seperti dilansir Reuters pada Kamis (20/10).
Sementara itu, Hollande, mengatakan ada bukti anggota ISIS sudah melarikan diri dari Mosul menuju Raqqa. Menurut Hollande, harus ditempuh segala cara untuk mencegah ISIS mengumpulkan kekuatan dan melancarkan serangan balik.
Abadi sendiri mengumumkan operasi pembebasan Mosul pada akhir pekan lalu. Operasi ini dilakukan oleh pasukan gabungan Irak yang teridir dari tentara Irak, unit militer Kurdi, milisi Sunni dan Syiah, yang dibantu oleh pasukan koalisi internasional pimpinan Amerika Serikat (AS).
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4900 seconds (0.1#10.140)