Damaskus Sebut Pemberontak Berencana Gunakan Senjata Kimia di Suriah

Senin, 26 September 2016 - 16:17 WIB
Damaskus Sebut Pemberontak Berencana Gunakan Senjata Kimia di Suriah
Damaskus Sebut Pemberontak Berencana Gunakan Senjata Kimia di Suriah
A A A
NEW YORK - Duta Besar Suriah untuk PBB, Bashar Ja'afari mengatakan, Ahrar Al-Sham, salah satu kelompok pemberontak Suriah berencana untuk melakukan serangan dengan menggunakan senjata kimia terhadap warga sipil Suriah. Kemudian, pemberontak akan menyalahkan pemerintah Suriah atas serangan itu.
"Saya memiliki informasi bahwa Ahrar Al-Sham berniat untuk melakukan serangan terhadap penduduk sipil menggunakan fosfor putih demi fabrikasi tuduhan terhadap negara dan tentara Suriah," kata Ja'afari.
Dia mengatakan, para anggota Ahrar Al-Sham, yang juga dianggap teroris oleh Rusia, akan menggunakan pakaian layaknya tentara Suriah saat melakukan aksinya. Bukan hanya itu, kelompok itu juga akan merekam setiap aksinya, untuk memperkuat klaim mereka.
"Memalsukan bukti dan membuat klaim mereka terdengar lebih kredibel, para militan berencana untuk mengaku sebagai tentara tentara Suriah karena mereka menyebarkan benda-benda terlarang," sambungnya, seperti dilansir Russia Today pada Senin (26/9).
Fosfor putih merupakan zat sangat beracun yang dapat menimbulkan luka bakar parah dan dilarang digunakan di daerah sipil, menurut hukum internasional. Zat ini hanya sah digunakan untuk membuat tabir asap, membuat sinyal, atau memberi tanda kepada pasukan sekutu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3323 seconds (0.1#10.140)