Sekutu Terdekat Putin: Trump Akan Menang Jadi Presiden AS

Sekutu Terdekat Putin: Trump Akan Menang Jadi Presiden AS
Calon Presiden AS dari Partai Republik Donald Trump. | (REUTERS/Carlo Allegri)
A+ A-
MOSKOW - Salah satu sekutu terdekat Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa Donald Trump akan memenangkan Pemilu Presiden Amerika Serikat (AS) dan jadi presiden pengganti Barack Obama. Teman Putin ini bahkan menantang publik untuk membuktikan prediksinya itu.

Sekutu terdekat Putin itu adalah Sergei Roldugin, 64. Dia merupakan teman masa kecil Putin dan godfather untuk putri sulung Putin. Sosoknya sempat jadi berita utama dunia awal tahun ini setelah namanya muncul di Panama Papers.

Komentar Roldugin ini disampaikan kepada wartawan di Kremlin, pada hari Kamis sebelum Putin menganugerahkan penghargaan negara kepada dirinya.

”Saya tahu siapa yang akan menang di Amerika. Anda dapat memeriksa nanti. Trump akan menang,” katanya, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (23/9/2016). Menurutnya, Donald Trump yang merupakan calon presiden dari Partai Republik itu akan mengubah perilaku AS setelah dia berkuasa.

”Saya tidak bisa mengatakan saya merasa euforia tentang Trump yang akan menang karena dia mengatakan bahwa dia dengan Putin,” ujarnya. Terlebih, lanjut dia, rival Trump, yakni Hillary Rodham Clinton belum mengatakan bahwa dia akan bekerja dengan Putin.

Trump selama ini dikritik habis-habisan oleh Hillary karena memuji Putin sebagai pemimpin yang kuat dan menyerukan AS untuk meningkatkan hubungan yang baik dengan Rusia yang saat ini berseberangan dalam krisis Suriah dan Ukraina.

Menurut Roldugin, Putin adalah pemimpin yang lebih mengesankan daripada pemimpin-pemimpin Barat. ”Satu hal yang saya selalu mengagumi tentang dia adalah bahwa dia tidak takut untuk memikul tanggung jawab. Dia sering datang di bawah kritik keras, tapi dia tidak takut (dari itu) dan mengatakan; ’Ya itulah yang kami putuskan, itulah yang saya putuskan’.”


(mas)
dibaca 10.768x
Top